Elastomer Jembatan Jenis 1 | Karet Bantalan Jembatan,Elastomer Bearing Pads

November 01, 2015

Elastomer Jembatan Jenis 1

       

   Elastomer Jembatan Jenis 1 adalah Elastomer Jembatan dengan dimensi /ukuran 350 X 300 X 36mm. Elastomer  ini mempunyai dua type :


             1. Elastomer Jembatan Jenis 1 Type Polos / tanpa pelat baja


      2. Elastomer Jembatan Jenis 1 Type Berlapis /Laminasi ( berlapis lembaran pelat baja).

    Sesuai dengan dimensinya /ukurannya elastomer ini lebih cocok  digunakan untuk jembatan yang bentangnya  10 – 12,5 meter , single girder dengan beban rendah. Untuk jembatan dengan pembebanan lebih berat dengan bentang yang sama dan single girder lebih disarankan menggunakan Elastomer Jembatan Jenis 1 Type Berlapis

     Kelebihan Elastomer type Berlapis adalah mampu menahan beban sampai  50.82 ton per end girder ( Hasil Uji  Kekakuan Tekan dan Geser  Elastomer produksi Bhineka Rubber ). Dengan adanya beban  maksimum  50.2 ton Elastomer Jembatan Jenis 1  hanya menglami penurunan 4.35 % dari ketebalan Elastomer, hal ini sesuai dengan ketentuan AASTHO M 251-90 yang mensyaratkan Penuruan Maksimum yang diperbolehkan hanya  8 % dari ketebalan elastomer .Adanya lembaran pelat baja yang diinsert/disisipkan kedalam Elastomer Jembatan Jenis 1 Type Berlapis menyebabkan Elastomer ini mampu mecegah terjadinya pengelembungan ( bulging ) akibat beban vertical  sehingga mampu mencegah terjadinya deformasi berlebihan . Gambar dibawah adalah  Ilustrasi korelasi antara beban dan pengelembungan ( bulging ) antara  Elastomer Jembatan Jenis 1 Type Polos dengan Elastomer Jembatan Jenis 1 Type Berlapis :



Elastomer Jembatan Jenis 1 Type Berlapis
Elastomer Jembatan Jenis 1 Type Berlapis
Elastomer Jembatan Jenis 1 Type Polos










  

Pada gambar diatas dapat dijelaskan  sbb :  Elastomer Jembatan Jenis 1 Type Polos  bila dibebani  maka akan terjadi pengelembungan tunggal ( single bulging ) sehingga tingkat penurunnya akan lebih besar dibandingkan dengan Elastomer Jembatan Jenis 1 Type berlapis, demikian juga untuk tingkat deformasinya akan jauh lebih besar dibandingkan Elastomer  type  berlapis.
Bulging ( penggelembungan ) Elastomer Jembatan Jenis 1 Type Berlapis  akan ditahan oleh beberapa lembar pelat baja yang disisipkan didalamnya , sehingga tingkat penurunan ketebalan dan deformasinya akan lebih kecil dibandingkan dengan Elastomer Jembatan Jenis 1 Type Polos.
Bhineka Rubber adalah produsen Elastomer  Jembatan yang benar-benar  sangat menguasai  teknik produksi sehingga mampu menghasilkan elastomer  yang berkualitas standard SNI .
Informasi  bisa, menghubungi  0341-725411 ( Office /Factory ) atau email ; karetjembatanabadi@gmail.com






Tidak ada komentar:

Posting Komentar