Elastomer jembatan mempunyai fungsi untuk menunjang bagian atas jembatan agar tetap berada pada suatu elevasi yang konstan dan meneruskan semua gaya yang berasal dari bagian atas jembatan ke bagian bawahnya . Elastomer jembatan merupakan tumpuan ( bearing ) yang menghubungkan dan mengontrol interaksi beban dan gerakan diantara elemen-elemen jembatan , biasanya antara bagian atas jembatan ( superstructure ) dan bagian bawahnya ( substructure ).
Elastomer jembatan merupakan type tumpuan ( bearing ) yang paling sederhana dan ekonomis dari semua type tumpuan yang digunakan pada konstruksi jembatan. Elastomer jembatan diklasifikasikan menjadi empat type :
Elastomer jembatan Type Polos( Elastomer Bearing Pads tanpa lembar pelat baja )
Elastomer jembatan Type Berlapis ( Elastomer Bearing Pads dengan lembaran pelat baja)
Fiberglass Reinforce Elastomer Bearing Pads
Cotton Duck Reinforce Elastomer Bearing Pads
Dari empat type tersebut
yang paling banyak digunakan adalah Elastomer Jembatan Type Berlapis | Steel
Reinforce Elastomer Bearing Pads
khususnya untuk konstruksi jembatan yang menggunakan girder beton
pratekan (prestressed concrete girder) dan
juga sering digunakan pada konstruksi jembatan yang menggunakan gider pelat
baja (steel plate girder).
Pembahasan
kali ini akan difokuskan pada Steel
Reinforce Elastomer Bearing Pads karena type ini paling banyak digunakan di
Indonesia :
Steel Reinforce Elastomer Bearing
Pads atau Elastomer Jembatan Type Berlapis dibuat
dari bahan karet alam ( Natural Rubber ) atau bisa juga dengan karet sintetis (
polychloroprene rubber ) yang didalamnya
diisi lembaran-lembaran pelat baja tipis (+/- 3 mm ). Bonding vulcanization
antara lembaran pelat baja dengan karet menyebakan Elastomer Jembatan Type Berlapis ini
mempunyai kemampuan mengakomodasi gerakan horizontal (Horizontal movement
) sehingga sangat fleksibel terhadap
pergeseran girder jembatan akibat adanya beban vertical ( vertical load )
maupun beban begerak ( pengereman mobil,angin,gempa bumi dsb).
Lembaran-lembaran pelat baja yang berada didalamnya dan diataur
dengan jarak sedemikian rupa menyebakan Elastomer jembatan ini
mampu mencegah terjadinya penggelumbungan ( bulging ) sehinga mampu mencegah
terjadinya deformasi.
Pengujian
Kekakuan Tekan ( stiffness in compression ) dan Kekauan Geser ( stiffness in
shear ) terhadap Elastomer Bearing Pads sangat diperlukan untuk memperoleh Design Elastomer jembatan yang sesuai dengan specifikasi jembatan.
Proses
produksi Steel Reinforce Elastomer
Bearing Pads harus ditunjang dengan Hot Press Hydraulic Machine yang mempunyai tekanaan yang memadai,
sehingga bisa dihasilkan Elastomer jembatan yang betul-betul berkualitas, tidak berongga/porous ( harus
padat) dan tidak menggelembung ( bulging
) sebelum diinstalasi /dipasang.
Bhineka
Rubber yang ditunjang dengan peralatan/mesin yang memadai dan tenaga kerja
berpengalaman mampu menhasilkan Elastomer jembatan yang
berkualitas.
Informasi
hub : 0341-725411 atau Cell phone 0817.03213011
Email
: karetjembatanabadi@gmail.com
Tidak ada komentar:
Posting Komentar