Elastomer Jembatan | Elastomer Bearing Pads | Karet Bantalan Jembatan,Elastomer Bearing Pads

Oktober 24, 2015

Elastomer Jembatan | Elastomer Bearing Pads



Elastomer  jembatan  mempunyai fungsi untuk menunjang  bagian atas jembatan agar tetap berada pada suatu elevasi yang  konstan dan meneruskan semua gaya yang berasal dari bagian atas jembatan ke bagian bawahnya . Elastomer  jembatan  merupakan tumpuan ( bearing ) yang menghubungkan dan mengontrol  interaksi beban dan gerakan diantara elemen-elemen  jembatan , biasanya antara bagian atas jembatan ( superstructure ) dan bagian bawahnya ( substructure ).

Elastomer  jembatan  merupakan  type tumpuan ( bearing ) yang paling sederhana dan ekonomis dari  semua type tumpuan yang  digunakan pada konstruksi  jembatan. Elastomer  jembatan diklasifikasikan menjadi empat type :


  1. Elastomer  jembatan Type Polos( Elastomer Bearing Pads  tanpa lembar pelat baja ) 

  2. Elastomer  jembatan  Type Berlapis ( Elastomer Bearing Pads dengan lembaran pelat baja)

  3. Fiberglass Reinforce Elastomer Bearing Pads

  4. Cotton Duck Reinforce Elastomer Bearing Pads

Dari empat type tersebut yang paling banyak digunakan adalah Elastomer  Jembatan  Type Berlapis  | Steel Reinforce Elastomer Bearing Pads  khususnya untuk konstruksi jembatan yang menggunakan girder beton pratekan (prestressed concrete girder) dan juga sering digunakan pada konstruksi jembatan yang menggunakan gider pelat baja (steel plate girder).


Elastomer Jembatan Type Berlapis/ Steel Reinforce Elastomeric Bearing PadsPlain Elastomer Bearing Pads  atau Elastomer  Jembatan Type Polos lebih banyak digunakan untuk kontruksi jembatan yang dirancang untuk pembebanan rendah. 


Pembahasan kali ini akan difokuskan pada Steel Reinforce Elastomer Bearing Pads karena type ini paling banyak digunakan di Indonesia :

Elastomer Jembatan Type Polos / Plain Elastomeric Bearing Pads


Steel Reinforce Elastomer Bearing Pads atau Elastomer  Jembatan  Type Berlapis  dibuat dari bahan karet alam ( Natural Rubber ) atau bisa juga dengan karet sintetis ( polychloroprene rubber )  yang didalamnya diisi lembaran-lembaran pelat baja tipis (+/- 3 mm ). Bonding vulcanization antara lembaran pelat baja dengan karet menyebakan Elastomer  Jembatan  Type Berlapis  ini mempunyai kemampuan mengakomodasi gerakan horizontal (Horizontal movement )  sehingga sangat fleksibel terhadap pergeseran girder jembatan akibat adanya beban vertical ( vertical load ) maupun beban begerak ( pengereman mobil,angin,gempa bumi dsb).
Lembaran-lembaran  pelat baja yang berada didalamnya dan diataur dengan jarak sedemikian rupa menyebakan Elastomer  jembatan  ini mampu mencegah terjadinya penggelumbungan ( bulging ) sehinga mampu mencegah terjadinya deformasi.
Pengujian Kekakuan Tekan ( stiffness in compression ) dan Kekauan Geser ( stiffness in shear ) terhadap Elastomer Bearing Pads sangat diperlukan untuk memperoleh Design Elastomer  jembatan  yang sesuai dengan specifikasi jembatan.
Proses produksi Steel Reinforce Elastomer Bearing Pads harus ditunjang dengan Hot Press Hydraulic Machine  yang mempunyai tekanaan yang memadai, sehingga bisa dihasilkan Elastomer  jembatan  yang betul-betul berkualitas, tidak berongga/porous ( harus padat)  dan tidak menggelembung ( bulging ) sebelum diinstalasi /dipasang.
Bhineka Rubber yang ditunjang dengan peralatan/mesin yang memadai dan tenaga kerja berpengalaman mampu menhasilkan  Elastomer  jembatan  yang berkualitas.
Informasi hub : 0341-725411 atau Cell phone 0817.03213011

Tidak ada komentar:

Posting Komentar