Bantalan Jembatan Elastomer | Karet Bantalan Jembatan,Elastomer Bearing Pads

September 20, 2015

Bantalan Jembatan Elastomer

Bantalan Jembatan Elastomer adalah jenis tumpuan ( bearing ) yang mempunyai banyak fungsi.

Pada jembatan, dapat terjadi pergerakan yang diakibatkan oleh pemuaian dan penyusutan yang karena perubahan temperatur, pergerakan tanah, gaya sentrifugal dan logitudinal dari kendaraan yang melintas, lendutan akibat beban, maupun kombinasi dari semua gaya tersebut. Untuk mencegah

kerusakan jembatan yang disebabkan oleh pergerakan jembatan, maka diperlukan landasan yang dapat menahan pergerakan jembatan. Penahan jembatan atau landasan jembatan yang baik adalah yang bersifat awet, mudah pemasangan dan pemeliharaannya, dan murah. Landasan jembatan dapat menahan pergerakan jembatan dengan meneruskan gaya dan meredam getaran dari bangunan atas ke bangunan bawah.
 
Landasan jembatan terdiri dari dua komponen yaitu bantalan jembatan dan dudukan bantalan. Ada beberapa tipe bantalan jembatan dari bahan pembuatannya, di antaranya : bantalan karet, logam, dan lainnya. Di antara bahan bantalan jembatan tersebut, yang paling sering digunakan adalah bantalan berbahan karet yang biasa disebut Bantalan Elastomer. Bantalan Elastomer  sendiri dapat terbuat dari karet alami (natural rubber), karet sintetis (seperti neoprene dan EPDM), maupun campuran karet alami dan sintetis. Bantalan Jembatan Elastomer atau yang biasa disebut sebagai elastomeric bearing pads jauh lebih mudah dipasang pada jembatan dibandingkan dengan jenis bantalan yang lain dan memerlukan perawatan yang seminimal mungkin. Elastomeric bearing pad dapat mampat saat diberi tekanan vertikal dan juga mampu mengakomodasi rotasi horizontal, serta memberikan gerakan pergeseran lateral. 

Bantalan jembatan dapat berupa blok bantalan karet biasa (Plain bearing pad ) ataupun dengan lapisan lempengan baja di dalamnya (Steel Reinforced Elastomeric Bearing). Steel Reinforced Elastomeric Bearing merupakan karet bantalan jembatan yang dibuat dari penggabungan lempengan baja dan elastomer atau karet pada saat proses vulkanisasi atau pencetakan bantalan jembatan. Gambar 1 di bawah ini menunjukkan perbedaan antara Plain bearing pad  dan Steel Reinforced Elastomeric Bearing. 

Bantalan Jembatan Elastomer

Gambar 1. Plain elastomeric bearing pad  dan Steel Reinforced Elastomeric Bearing Pad.
 
Kemampuan Bantalan Jembatan dalam menahan beban vertikal semakin meningkat dengan semakin banyaknya jumlah lempengan baja. Plain bearing pad  akan memampat bila dikenai beban atau tekanan vertikal dimana pada Steel Reinforced Elastomeric Bearing, bantalan akan menonjol keluar disertai dengan penyerapan beban vertikal oleh tiap-tiap lempengan baja seperti yang ditunjukkan oleh Gambar 2.  

Bantalan Jembatan Elastomer

Gambar 2.  Penyerapan beban vertikal oleh Plain bearing pad  dan Steel Reinforced Elastomeric Bearing Pad


Sementara itu, penyerapan beban dan pergerakan horizontal oleh Plain bearing pad  dan Steel Reinforced Elastomeric Bearing ditunjukkan oleh Gambar 3. Steel Reinforced Elastomeric Bearing tersusun dari karet elastomer yang dipisahkan dengan kepingan baja reinforce. Ukuran bantalan, jumlah lempengan baja, serta ketebalan dari bantalan di antara lempengan baja disesuaikan dengan kebutuhan beban atau tekanan yang akan disalurkan oleh bantalan tersebut.

Bantalan Jembatan Elastomer

Gambar 3.  Penyerapan beban vertikal oleh Plain bearing pad  dan Steel Reinforced Elastomeric Bearing Pad

CV. Bhineka Citra Sejahtera memproduksi karet bantalan jembatan elastomer, baik karet bantalan jembatan biasa (Plain Bearing Pad) maupun bantalan jembatan dengan kepingan baja reinforce (Reinforce Steel Elastomeric Bearing Pad) dengan berbagai ukuran disesuaikan dengan permintaan customer. Selain itu, karet bantalan jembatan juga dapat diproduksi dengan bahan baku karet alami maupun karet sintetis seperti neoprene, EPDM, dan bahan lainnya dengan kualitas terbaik.
Untuk informasi dan pemesanan, silahkan hubungi :
 CV. Bhineka Citra Sejahtera, Jalan Terusan Danau Kerinci IE No.5 Sawojajar, Malang.
Telp/fax 0341-725411
Mobile 081703213011


References :
[1], [2], [3], [4], [5], [6]








Tidak ada komentar:

Posting Komentar