Plain Elastomeric Bearing Pads & Steel Reinforce Laminated Elastomeric Bearing Pads merupakan 2 Type Elastomeric Bearing Pads yang sering digunakan pada konstruksi jembatan.
Pada
jembatan, dapat terjadi pergerakan yang diakibatkan oleh pemuaian dan
penyusutan yang karena perubahan temperatur, pergerakan tanah, gaya
sentrifugal dan logitudinal dari kendaraan yang melintas, lendutan
akibat beban, maupun kombinasi dari semua gaya tersebut. Untuk mencegah
kerusakan jembatan yang disebabkan oleh pergerakan jembatan, maka
diperlukan landasan yang dapat menahan pergerakan jembatan. Penahan
jembatan atau landasan jembatan yang baik adalah yang bersifat awet,
mudah pemasangan dan pemeliharaannya, dan murah. Landasan jembatan dapat
menahan pergerakan jembatan dengan meneruskan gaya dan meredam getaran
dari bangunan atas ke bangunan bawah.
Landasan jembatan terdiri dari dua komponen yaitu Elastomeric Bearing Pads/bantalan jembatan dan dudukan bantalan. Ada beberapa tipe Elastomeric Bearing Pads /bantalan jembatan dari bahan pembuatannya, di antaranya : bantalan karet, logam, dan lainnya. Di antara bahan Elastomeric Bearing Pads tersebut, yang paling sering digunakan adalah Elastomeric Bearing Pads berbahan karet. Elastomeric Bearing Pads / Bantalan Jembatan sendiri dapat dibuat dari karet alami (natural rubber), karet sintetis (seperti neoprene dan EPDM), maupun campuran karet alami dan sintetis. Bantalan jembatan atau yang biasa disebut sebagai elastomeric bearing pads jauh lebih mudah dipasang pada jembatan dibandingkan dengan jenis Bantalan Jembatan yang lain dan memerlukan perawatan yang seminimal mungkin. Elastomeric bearing pad dapat mampat saat diberi tekanan vertikal dan juga mampu mengakomodasi rotasi horizontal, serta memberikan gerakan pergeseran lateral.
Bantalan Jembatan dapat berupa blok bantalan karet biasa (Plain Elastomeric Bearing Pads ) ataupun dengan lapisan lempengan baja di dalamnya (Steel Reinforced Elastomeric Bearing Pads). Steel Reinforced Elastomeric Bearing Pads merupakan Bantalan Jembatan yang dibuat dari penggabungan lempengan baja
dan elastomer atau karet pada saat proses vulkanisasi atau pencetakan
bantalan jembatan. Gambar 1 di bawah ini menunjukkan perbedaan antara Plain Elastomeric Bearing Pads dan Steel Reinforced Elastomeric Bearing Pads
Kemampuan Elastomeric Bearing Pads dalam menahan beban vertikal semakin meningkat dengan semakin banyaknya jumlah lempengan baja. Plain bearing pad
akan memampat bila dikenai beban atau tekanan vertikal dimana pada
Steel Reinforced Elastomeric Bearing Pads, bantalan akan menonjol keluar
disertai dengan penyerapan beban vertikal oleh tiap-tiap lempengan baja
seperti yang ditunjukkan oleh Gambar 2.
Sementara itu, penyerapan beban dan pergerakan horizontal oleh Plain Elastomeric Bearing Pads dan Steel Reinforced Elastomeric Bearing Pads ditunjukkan oleh Gambar 3. Steel Reinforced Elastomeric Bearing Pads tersusun dari karet elastomer yang dipisahkan dengan kepingan baja reinforce. Ukuran
bantalan, jumlah lempengan baja, serta ketebalan dari bantalan di
antara lempengan baja disesuaikan dengan kebutuhan beban atau tekanan
yang akan disalurkan oleh bantalan tersebut.
Bhineka Citra Sejahtera memproduksi Elastomeric Baering Pads, baik bantalan jembatan type polos (plain Elastomeric Bearing Pads) maupun Elastomeric Bearing Pads dengan kepingan baja reinforce (Reinforce Steel Elastomeric Bearing Pads) dengan berbagai ukuran disesuaikan dengan permintaan customer. Selain
itu, karet bantalan jembatan juga dapat diproduksi dengan bahan baku
karet alami maupun karet sintetis seperti neoprene, EPDM, dan bahan
lainnya dengan kualitas terbaik.
Untuk informasi dan pemesanan, silahkan hubungi :
CV. Bhineka Abadi Sejahtera, Jalan Mayjen Sungkono, KedungKandang, Malang.
Telp/fax 0341-725411
Mobile 081703213011
e-mail : karetbantalanjembatan@gmail.com / elastomer.jembatan@yahoo.com
Sumber Pustaka :
http://www.dot.ca.gov/hq/esc/techpubs/manual/bridgemanuals/bridge-design-specifications/page/section14.pdf
Tidak ada komentar:
Posting Komentar