Karet Bantalan Jembatan, Fungsi dan Kelebihannya | Karet Bantalan Jembatan,Elastomer Bearing Pads

September 15, 2015

Karet Bantalan Jembatan, Fungsi dan Kelebihannya

Karet Bantalan Jembatan atau biasa disebut  Bantalan Jembatan


Karet Bantalan Jembatan  merupakan hal yang sangat penting untuk menjamin keamanan pada struktur jembatan.   Bantalan Jembatan   dapat melindungi jembatan dari  pemuaian yang disebabkan oleh perubahan temperatur, angin, kepadatan lalu lintas, dan faktor negatif lainnya.



Penggunaan Karet Bantalan Jembatan juga dapat meminimalisir kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi dan getaran seismik dan akustik yang lain.  Masih banyak keunggulan Bantalan Jembatan antara lain :
1.  Desain yang sederhana.  Penggunaan bahan elastomer/karet memungkinkan Karet Bantalan Jembatan   dapat berubah bentuk bila dikenai tekanan horizontal. Penambahan kepingan PTFE atau baja tahan karat (Stainless Steel) dapat mengakomodir pergerakan yang lebih besar.
2.Bantalan Jembatan mampu menyeimbangkan beban statis maupun dinamis berkat sifat  karet yang mampu mengembang dan menyusut.

3. Desain dari Karet Bantalan Jembatan memungkinkan bantalan jembatan tersebut untuk bergerak ke segala arah secara horizontal, dimana kelebihan ini tidak dimiliki oleh jenis bantalan mekanik.

4. Karet Bantalan Jembatan memiliki performa yang dapat menyesuaikan di segala kondisi, Penggunaan  material neoprene ( karet sintetis ) lebih dianjurkan karena jenis karet ini memiliki sifat moderat terhadap oil ,panas dan flame retarder  sehingga lebih tahan terhadap pelapukan dan menghindari tersulutnya api besar apabila terjadi kebakaran pada jembatan.  Disamping itu, Karet Bantalan Jembatan perawatannya sangat  minimal apabila dipasang dengan baik dan benar.
5. Penggunaan Karet Bantalan Jembatan memerlukan biaya yang paling sedikit dari antara jenis Bantalan Jembatan yang lainnya.
6. Karet Bantalan Jembatan tidak terpengaruh oleh korosi.

Karet Bantalan Jembatan

Karet Bantalan Jembatan

 


Beberapa kelebihan yang dimiliki Karet Bantalan Jembatan membuat  semakin banyak digunakan untuk memberikan perlindungan pada jembatan dan mulai menggantikan penggunaan Bantalan Jembatan jenis lainnya seperti bantalan kayu dan bantalan dari logam. Untuk mendukung penggunaan Karet Bantalan Jembatan di seluruh Indonesia dan memenuhi kebutuhannya yang semakin meningkat, kami CV. Bhineka Abadi Sejahtera, perusahaan manufaktur rubber di kota Malang memproduksi Karet Bantalan Jembatan. Karet Bantalan Jembatan yang kami produksi dibuat dari material rubber compound dengan formula terbaik, teknik vulkanisasi yang presisi, dan didukung peralatan mesin yang memadai sehingga menghasilkan Bantalan Jembatan dengan kualitas terbaik. Untuk informasi dan pemesanan hubungi :

CV. Bhineka Abadi Sejahtera
Jalan Mayjen Sungkono, Kedungkandang, Malang
Telp.& Fax 0341-725411
Mobile 081703213011
e-mail : elastomer.jembatan@yahoo.com / karetjembatanabadi@gmail.com


Referensi :
FKK Guney Oto Lastik. 2009. http://www.fkk.com.tr/whatisanelastomericbearing.htm. Akses April 2015
Cosmec, Inc. 2012. What are the advantages and disadvantages of laminated elastomeric bearings? http://cosmecinc.com/node/180. Akses April 2015
Setra. 2007. Laminated Elastomeric Bearings. http://www.infra-transports-materiaux.cerema.fr/IMG/pdf/US_0925A_Laminated_elastomeric_bearings_aaef.pdf. Akses April 2015.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar