Elastomer Jembatan Jenis 3 | Karet Bantalan Jembatan,Elastomer Bearing Pads

November 30, 2015

Elastomer Jembatan Jenis 3



Elastomer JembatanJenis 3 adalah Elastomer Jembatan dengan dimensi /ukuran 450 X 400 X 45 mm. Elastomer  ini mempunyai dua type :

     1. Elastomer Jembatan Jenis 3 Type Polos / tanpa pelat baja

     2. Elastomer Jembatan Jenis 3 Type Berlapis /Laminasi ( berlapis lembaran pelat baja )

Sesuai dengan dimensinya /ukurannya elastomer ini bisa digunakan untuk jembatan  yang  bentang nya lebih dari satu ( multy span ). Untuk jembatan dengan pembebanan lebih berat  lebih disarankan menggunakan Elastomer Jembatan Jenis 3 Type Berlapis. Kelebihan Elastomer  Jembatan jenis 3  type Berlapis ini  mampu menahan beban sampai  89.87 ton per end girder ( Hasil Uji  Kekakuan Tekan dan Geser  Elastomer produksi Bhineka Rubber ). Dengan adanya beban  maksimum  89.87 ton Elastomer Jembatan Jenis 3  hanya mengalami penurunan 5.21  % dari ketebalan Elastomer, hal ini sesuai dengan ketentuan AASTHO M 251-90 yang mensyaratkan Penuruan Maksimum yang diperbolehkan hanya  8 % dari ketebalan elastomer .

Adanya lembaran pelat baja yang diinsert/disisipkan kedalam Elastomer Jembatan Jenis 3 Type Berlapis menyebabkan Elastomer ini mampu mecegah terjadinya pengelembungan ( bulging ) akibat beban vertical  sehingga mampu mencegah terjadinya deformasi berlebihan . Gambar dibawah adalah  Ilustrasi korelasi antara beban dan pengelembungan ( bulging ) antara  Elastomer Jembatan Jenis 3 Type Polos dengan Elastomer Jembatan Jenis 3 Type Berlapis :





Elastomer Jembatan Jenis 3 Type Berlapis Pelat Baja
Elastomer Jembatan Jenis 3 Type Berlapis Pelat Baja



Elastomer Jembatan Jenis 3 Type Polos
Elastomer Jembatan Jenis 3 Type Polos









Pada gambar diatas dapat dijelaskan  sbb :  Elastomer Jembatan Jenis 3 Type Polos  bila dibebani  maka akan terjadi pengelembungan tunggal ( single bulging ) sehingga tingkat penurunnya akan lebih besar dibandingkan dengan Elastomer Jembatan Jenis 3 Type berlapis, demikian juga untuk tingkat deformasinya akan jauh lebih besar dibandingkan Elastomer  type  berlapis.

Bulging ( penggelembungan ) Elastomer Jembatan Jenis 3 Type Berlapis  akan ditahan oleh beberapa lembar pelat baja yang disisipkan didalamnya , sehingga tingkat penurunan ketebalan dan deformasinya akan lebih kecil dibandingkan dengan Elastomer Jembatan Jenis 3 Type Polos.

Bhineka Rubber adalah produsen Elastomer  Jembatan yang benar-benar  sangat menguasai  teknik produksi sehingga mampu menghasilkan elastomer  yang berkualitas standard SNI .

Informasi  bisa, menghubungi  0341-725411 ( Office /Factory ) atau email ; karetjembatanabadi@gmail.com
 












Tidak ada komentar:

Posting Komentar